Dilaporkan Ke Ombudsman, Akhirnya Kepala Sekolah Salu Biru Tapalang Barat Diganti

“aduan ini sampai ke meja Ombudsman karena keresahan warga melihat kondisi proses belajar mengajar di SDN Salu Biru mengalami penurunan drastis,” jelas Irfan, Kamis, (13/08/20).

Mamuju – Tim Pemeriksa Ombudsman RI Sulawesi Barat menyatakan aduan terkait keluhan warga mengenai pelayanan di SD Negeri Salu Biru Kecamatan Tapalang Barat akhirnya membuahkan hasil dan sudah ditutup.

Irfan Gunadi Asisten Ombudsman RI yang menerima laporan tersebut memaparkan kronologi  aduan tersebut. “aduan ini sampai ke meja Ombudsman karena keresahan warga melihat kondisi proses belajar mengajar di SDN Salu Biru mengalami penurunan drastis,” jelas Irfan, Kamis, (13/08/20).

Kepada tim penerima pengaduan Ombudsman Sulbar, pelapor salah satu orang tua siswa di sekolah tersebut, mengakui bahwa sebelumnya SDN Salu Biru merupakan sekolah yang pernah menyabet sejumlah prestasi pada lomba di tingkat Kabupaten.

Namun demikian sejak Oktober 2019, proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya di SDN Salu Biru dirasakan mulai lesu, bahkan sejak saat itu juga Kepala SDN Salu Biru tidak pernah muncul di sekolah.

Setelah berlangsung selama 3 bulan, pada saat itu sejumlah orang tua siswa akhirnya mendatangi kediaman kepala sekolah SDN Salu biru dan mereka mendapat keterangan langsung dari kepala sekolah yang mengaku tidak pernah melaksanakan tugas, lantaran adanya masalah internal di sekolah, sehingga memilih tidak masuk sekolah bahkan telah menyampaikan surat pengunduran diri yang disampaikan ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Tapalang Barat.

Sejumlah orang tua siswa juga telah membawa masalah ini ke Kantor Cabang Dinas Kecamatan Tapalang Barat, namun tidak membuahkan hasil. Karena sudah berlarut-larut tanpa penyelesaian, masalah ini akhirnya dilaporkan ke Kantor Ombudsman RI Sulawesi Barat.

Tindak lanjut yang dilakukan tim Ombudsman, klarifikasi dan pemeriksaan kepada sejumlah pihak terkait serta dokumen.

Adapun hasil pemeriksaan, Tim Ombudsman menyatakan, telah terjadi tindakan mal administrasi berupa tidak memberi pelayanan oleh kepada SD Negeri Salu Biru.

“secara aturan telah terjadi  tindakan maladministrasi yang dilakukan Ibu Kepsek, adapun polemik yang dapat membahayakan dirinya itu masalah lain, karena pengancaman itu urusan pidana dan harusnya dilaporkan kepada pihak kepolisian,” jelas Irfan.

Namun demikian kata Irfan, masalah ini sudah mendapat tanggapan dan penyelesaian dari atasan terlapor dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju dengan menugaskan kepala sekolah yang baru di SDN Salu Biru.

“Karena sudah ada penyelesaian oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju maka laporan ini kami nyatakan ditutup, dan tim kami akan melakukan  monitoring 14 hari yang akan datang untuk memastikan laporan ini selesai dengan baik dan tidak ada lagi masalah.”

Laporan : ab
Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *