Ombudsman Sulbar Apresiasi Langkah Pencegahan Tim Gugus Mamasa

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi langkah pencegahan yang dilakukan oleh Pemda Mamasa. Dengan sinergisitas yang baik, sehingga sampai saat ini masih tergolong zona hijau.” kata Lukman Umar, Rabu, [13/5/2020] dalam rapat via zoom.

Mamuju – Melalui video conference, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Barat mengapresiasi langkah Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamasa. Lukman Umar menuturkan, “Kami berterima kasih dan mengapresiasi langkah pencegahan yang dilakukan oleh Pemda Mamasa. Dengan sinergisitas yang baik, sehingga sampai saat ini masih tergolong zona hijau.”

Hingga berita ini diturunkan, kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mamasa masih nol. Kendati sempat dilaporkan ada 1 kasus positif, namun setelah diklarifikasi oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Sulbar, Safaruddin Sanusi, status pasien tersebut dipindahkan ke Sulawesi Selatan karena yang bersangkutan merupakan warga Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Ketua BPBD Kabupaten Mamasa mengatakan kunci zero case COVID-19 pada Kabupaten Mamasa ada dua. Pertama, Pemerintah Kabupaten Mamasa bahu membahu dalam menangani wabah tersebut dengan bekerja sama dengan semua sektor di lapangan. Salah satunya, Pemda bekerja sama dengan Forum Umat Beragama yang turut mengimbau masyarakat agar melaksanakan ibadah di rumah. Kedua, tingkat kesadaran masyarakat Mamasa yang tinggi.

Pemerintah Kabupaten Mamasa juga melakukan pemeriksaan yang ketat pada tiga posko perbatasan, yaitu perbatasan Kabupaten Mamasa-Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamasa-Kabupaten Polewali Mandar, dan Kabupaten Mamasa-Kabupaten Toraja. Dinas Perhubungan menempatkan minimal empat personil pada tiap posko. Selain itu, Dinas Kesehatan juga menempatkan petugasnya di posko perbatasan guna melakukan screening dan surveilans pada setiap orang yang melintasi Kabupaten Mamasa.

Meskipun demikian, Tim Gugus Tugas Mamasa diharapkan untuk terus waspada agar sampai berakhir masa pandemi tidak ada satu pun warga yang terjangkit virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

“Kita terus berharap tetap konsisten dalam melewati masa pandemi ini. Semoga tidak ada masyarakat yang terpapar virus ini,” tutup Lukman.

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *