Kolaborasi FMIPA Dan HIMATIKA Laksanakan Kompetisi Matematika Tingkat SMA se_Sulawesi Barat

sandeq.net, Majene, Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengadakan kompetisi matematika tingkat SMA-Sederajat Se-Sulawesi Barat di Gedung LPMP Sulawesi Barat, Majene, Sabtu (11/01/2020).

Mengusung tema “Raih Prestasi demi Mewujudkan Generasi Milenial yang Matematis” kompetisi tersebut diberi nama Infinity Mathematics Competition yang dirangkaikan dengan lomba desain poster tingkat SMA dan workshop membuat bahan ajar berbasis TIK (membatik).

Dihadiri oleh Dekan FMIPA, Muhammad Abdy, Ph.D, Ketua Prodi Matematika Rahmawati, S.Si., M.Si, serta dosen lingkup FMIPA.

Kepada Jurnalis sandeq.net, ketua panitia Meryta Febrilian, S.Si., M.Sc mengungkapkan harapannya,

“kita berharap melalui kegiatan ini para siswa bisa lebih mencintai matematika sebagaimana matematika hari ini merupakan seni dan bahasa teknologi”, ungkapnya.

  1. Kompetisi Matematika

Diikuti oleh 41 pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang ada di Sulawesi Barat. Puluhan pelajar tersebut berasal dari Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar, diantaranya MAN 1 Majene, MA DDI Majene, SMAN 1 Majene, SMAN 2 Majene, SMKN 1 Majene, kemudian SMAN 1 Tinambung, SMKS Darul Hasanah Wonomulyo, SMAN 1 Polewali, dan SMAN 3 Polewali.

Dilaksanakan dalam 3 babak (babak penyisihan, semifinal, dan final), kompetisi tersebut berhasil dimenangkan oleh delegasi dari SMAN 2 Majene yakni Muhammad Adhen, disusul oleh Nur Aulia yang merupakan delegasi dari SMAN 1 Majene, dan delegasi dari SMAN 3 Polewali yakni Theofilus Ade Putra menduduki posisi juara 3, serta 2 peserta juara harapan yaitu Fahdal Hamdan dari SMAN 3 Polewali dan Dandi Saputra Lesmana dari SMAN 1 Tinambung.

  • Lomba Desain Poster

Selain kompetisi, dilaksanakan pula lomba desain poster tingkat SMA-Sederajat Se-Sulawesi Barat, dengan mengusung subtema lomba yaitu Matematika Pendidikan, Matematika IPTEK,  dan Matematika Lingkungan.

Diikuti oleh 8 tim dari berbagai sekolah dihasilkan 13 poster, yang berhasil dimenangkan oleh Dandi Ade Lesmana sebagai juara 1, dan juara 2 oleh Vani Vionita G, serta Muhammad Arif Aco Bello sebagai juara 3.

Tambah ketua pelaksana mengungkapkan, “kedepannya, semoga poster yang dihasilkan adalah poster mengenai sebuah karya ilmiah sederhana, yang bersifat informatif, edukatif, dan kritis”, harapnya.

             Juara 1                                    Juara 2                                     Juara 3

  • Workshop Membatik

Selain lomba, Infinity pun dirangkaikan dengan workshop membatik yakni workshop membuat bahan ajar berbasis TIK.

Mengangkat tema “Mewujudkan Guru Millenial yang Inovatif, kreatif, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan  pembelajaran di Era Generasi Z. Dengan menghadirkan pemateri yang merupakan salah satu pemakalah seminar nasional pendidikan matematika yakni Negara Mangkubumi K, S.Pd., M.Pd, 44 guru SMA dan SMP dari berbagai sekolah di Sulawesi Barat antusias mengikuti workshop tersebut.

Konfirmasi kepada sandeq.net, ketua panitia menyatakan perlunya pelaksanaan workshop membatik, “peran teknologi hari ini sangat pesat, sehingga diperlukan adanya kegiatan semacam workshop membatik. Namun teknologi hanya alat untuk menyampaikan materi. Subjeknya tetap guru dan siswa, dan semoga ke depannya Infinity bisa menghadirkan kegiatan workshop seperti membatik dengan inovasi terbaru sesuai perkembangan zaman yang dapat menjadi referensi tersendiri bagi guru”. 

Reporter : Ramlah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *