Kunjungi Desa Binaan Pamsimas, AIM Tekankan Fasilitas Air Bersih Dirawat Agar Bisa Dipakai Berkelanjutan

sandeq.netPolman, Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar berkunjung ke Desa Pasiang, salah satu desa binaan pamsimas dalam rangka menuju Universal Akses Air Minum dan Sanitasi, Selasa [24/12].

Andi Ibrahim Masdar menekankan bahwa Tujuan utama kunjungan ke desa adalah melihat apa yang sudah dibangun Masyarakatnya lewat Pamsimas dan seperti apa manfaat yang dirasakan masyarakat.

“yang pasti tujuan kami datang adalah ingin melihat langsung sejauh mana perkembangan Pamsimas, dan seperti apa dampak yang dirasakan oleh masya dengan hadirnya Pamsimas. Jadi, bukan datang untuk sayembara. ” kata pria yang lebih akrab dipanggil AIM ini.

“Manfaatkan secara baik sarana Pamsimas. Tolong diperbaiki kalau ada yang rusak. Bu desa berdayakan bumdes ta kerjasama pengelola Pamsimas demi keberlanjutan pemanfaatan sarana dan bisa menjadi PAD. Pak Camat tolong dipantau Pamsimas ini agar bisa dimanfaatksn secara berkelanjutan.” tutup AIM.

Ditempat yang sama, Kepala Balitbangren Polewali Mandar, Darwin Badaruddin menjelaskan bahwa dari 17 desa yang mendapat program Pamsimas pelaksanaan 2019, Kecamatan Matakali sebanyak terdapat 3 desa yaitu Pasiang, Barumbung dan Indo Makkombong. Ketiga desa tersebut telah dilakukan uji fungsi dan serah terima.

“Tahun ini terdapat 17 desa yang memperoleh program Pamsimas dan 3 desa diantaranya adalah Pasiang, Barumbung dan Indo Makkombong. Dan Alhamdulillah sudah diuji dan diserah teriakan.” kata Darwin.

Darwin Badaruddin menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar berkomitmen mewujudkan program menuju universal akses air minum dan sanitasi. Hal ini dilakukan dengan sharing dengan pamsimas dan juga memberikan reword ke desa yang dianggap berhasil dalam pengelolaannya serta bekerjasama dengan BUMDes seperti Desa Lilli, Tubbi dan Kalumammang tahun 2019 ini.

“pemerintah Kabupaten Polewali Mandar akan terus berkomitmen dalam mewujudkan program universal akses air minum dan sanitasi. Pemerintah telah melakukan sharing dengan PAMSIMAS dan memberikan reward ke desa yang baik pengelolaannya seperti Desa Lilli, Tubbi dan Kalumammang.” tambahnya.

Pamsimas telah berhasil mengintervensi 72 desa di Polewali Mandar. Desa Pasiang telah berhasil melakukan Sambungan Rumah secara swadaya sebanyak 63 rumah.

Agustinus [36 tahun], salah satu warga yang merasa senang dengan kehadiran Pamsimas rela membeli pipa secara swadaya hingga jumlahnya mencapai 104 batang demi kemudahan putar kran dalam rumah.

“terima kasih Pamsimas dan pemerintah polman. Air sudah Datang di rumah kami.” kata Agustinus.

Reporter : AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *