HUT Polman Ke – 60, Pemkab Polman Bekerja Sama Smile Train Gelar Operasi Bibir Sumbing

sandeq.netpolman, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Polewali Mandar yang ke – 60 yang jatuh pada 29 Desember mendatang, berbagai macam kegiatan dilaksanakan. Salah satunya adalah Bakti Sosial Operasi bibir sumbing.

Melalui Dinas Kesehatan Polman bekerja sama dengan Smile Train Indonesia kegiatan baksos operasi bibir sumbing digelar. Sekitar 21 pasien bibir sumbing berhasil dioperasi oleh tim dokter smile train dari 33 orang yang mendaftar.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang operasi RSUD Polewali dan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 20 – 22 Desember 2019. Menurut kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, H. Andi Syuaib Nawawi, SKM, M.Kes bahwa kegiatan sudah terselenggara beberapa kali namun baru kali ini dilaksanakan di RSUD Polewali yang sebelumnya diadakan di RS Bhakti Kasih.

“Kegiatan semacam ini sudah beberapa kali dilaksanakan namun kali ini kami tempatkan di RSUD Polewali.” Kata Andi Syuaib Nawawi.

Hal serupa juga dijelaskan oleh dr. Hj. Andi Emy Purnama, DPDK, MMR. Plt Kabid Pelayanan Dinkes Polman. Dirinya menjelaskan bahwa sekitar 33 orang yang sudah mendaftar namun setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hanya 21 yang lolos untuk dioperasi.

“Dari 33 orang yang mendaftar hanya 21 pasien saja yang lolos ketika dilakukan pemeriksaan.” Kata dr. emy.

Team kesehatan dari Smile Train diantaranya adalah dr. Yantoko, dr. Inez Azalea SpAn, Mas Arif (Perawat Anestesi) Dan beberapa tenaga kesehatan dari RSUD Polewali.

Wakil Bupati Polman, HM. Natsir Rahmat bersama dr. Hj. Andi Emy Purnama saat menerima tim dari Smile Train

Menurut keterangan Dokter Yantoko bahwa pasien yang telah dioperasi akan terus dikontrol melalui koordinasi dengan tim relawan Smile Train di Polewali Mandar hingga pasien tersebut betul-betul sembuh.

“Pasien yang telah dioperasi akan tetap kami kontrol melalui tim relawan Smile train di polman. Kontrol ini akan kami terus lakukan hingga pasien benar-benar sembuh.” Ungkap Yantoko.

“Terima kasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Polewali dalam kegiatan operasi bibir sumbing yang sudah digelar sebanyak 5 kali.”Lanjut Yantoko.

Reporter : AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *