Hadiri Konsolnas KPU RI, Ketua KPUD Polman : Peningkatan Sistem Informasi dan Teknologi KPU Menjadi Rekomendasi

sandeq.netJakarta, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menggelar Konsolnas Evaluasi Pemilu 2019 dan Persiapan Pilkada serentak tahun 2020 di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Sabtu, 21 September 2019.

Konsolidasi tersebut dihadiri oleh seluruh anggota KPUD dari seluruh Indonesia dan akan berlangsung dari tanggal 21 – 24 September 2019.

Ketua KPU Kabupaten Polewali Mandar sekaligus Koordinator Divisi KUL , Rudianto mengatakan kegiatan Konsolnas tersebut untuk Evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Persiapan menyambut Pilkada serentak tahun 2020 bagi daerah yang akan melaksanakannya.

“Kegiatan ini merupakan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemilu 2019 dan persiapan menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 bagi daerah yang akan melaksanakannya.” ungkap Rudianto.

Mantan Bendahara Umum Pemuda Muhammadiyah Polman ini menambahkan bahwa pada Evaluasi di divisinya terdapat beberapa hal yang menjadi isu strategis dan Rekomendasi, diantaranya pengelolaan Sistem Informasi dan Teknologi yang lebih baik.

“Pada Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu oleh Divisi KUL (Keuangan, Umum dan Logistik) mengemuka beberapa isu strategis dan rekomendasi. Diantaranya bahwa KPU membutuhkan Sistem Informasi dan Teknologi (IT) yang lebih maju untuk tata kelola penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang lebih baik. Misalnya, Sistem Logistik (Silon) Pemilu sedang diupayakan agar terintegrasi ke dalam Sistem Informasi dan Teknologi KPU sebagaimana sistem lainnya seperti Sidalih (Sistem Informasi data Pemilih)dan Sipol( Sistem Informasi Partai Politik).
Selain hal tersebut, peserta konsolnas juga mengemukakan persoalan kurangnya anggaran untuk pengelolaan logistik pemilu khususnya sewa gudang penyimpanan sebelum dan pasca Pemilu 2019 kemarin.” lanjutnya.

Sementara itu, 4 Anggota KPU Kab Polewali Mandar : Andi Rannu, Muslim Sunar, Nurjannah Waris dan Munawir Ariffin juga mengikuti Konsolnas 2019 yang sama di hotel yang berbeda bergabung dengan sesama Kordiv se_Indonesia sesuai Divisi masing-masing. Mereka membahas isu strategis Pemilu sesuai dengan divisi masing-masing.

Adapun di tahun 2020 mendatang, ada 4 Kabupaten di Sulawesi Barat yang akan menggelar Pilkada serentak diantaranya Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Pasangkayu sedangkan Kab.Polewali Mandar dan Kab.Mamasa kemungkinan besar akan berpilkada serentak di Tahun 2024.

Laporan : AMhm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *