Peringati 10 Muharram, Masjid Darul Qurra Desa Kenje Gelar Dzikir dan Doa Bersama

sandeq.netpolman, Peringati 10 Muharram 1441 H Masjid Darul Qurra Desa Kenje gelar dzikir dan doa bersama jamaah pada ba’da magrib, senin (09/09/2019). Dihadiri puluhan jamaah Masjid Darul Qurra Desa Kenje yang terdiri dari orang tua, pemuda(i), serta anak-anak, yang dipimpin langsung oleh Imam Masjid Darul Qurra, Ustadz Rahmat. R, S.Pd.I,.M.Pd.I. yang juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ihsan Kenje, dan Dosen IAI DDI Polewali.

Imam Masjid Darul Qurra membuka acara dengan memberikan pengantar mengenai pentingnya memperingati 10 Muharram yang mengandung banyak hikmah diantaranya peristiwa yang dialami nabi pada 10 Muharram, dzikir/doa yang dapat diamalkan, serta amalan-amalan yang dapat dilakukan.

Kepada reporter sandeq.net, Ustadz Rahmat menyampaikan beberapa amalan yang dapat dilaksanakan pada 10 Muharram yaitu : shalat, sedekah, puasa, mengunjungi orang sakit, silaturahmi, mengusap kepala anak yatim, membaca surah Al-Ikhlas 1000 kali yang bersumber dari beberapa hadist, salah satu amalan yang dijelaskan yakni puasa, berpuasa pada 10 Muharram dianggap kadar puasanya seperti puasa nabi, serta keikhlasan yang menyertainya, selain itu amalan pada malam harinya dianggap sebagai ibadah para penduduk langit layaknya malaikat.

“Siapa lagi yang akan menghidupkan malam ini (10 Muharram/Asyura) kalau bukan kita sebagai Umat Islam.”

Acara tersebut pun dirangkaikan dengan makan bersama, yang menunya merupakan sedekah langsung dari para jamaah, disebutkan pula bahwasanya sedekah yang paling cepat sampai pahalanya adalah sedekah makanan.

Reporter : Ramlah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *