Mengenal Rumah Adat “Lempo Gandeng” Mamuju Tengah, Sulawesi Barat

Rumah adat Lempo Gandeng Kabupaten Mamuju Tengah

sandeq.netmateng, Rumah Adat Lempo Gandeng yang terletak di Dusun Tangkou, Desa Tabolang, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah.

Salah satu ritual dalam rumah adat Lempo Gandeng

Rumah Adat ini dibangun pada tanggal 18 Juli 2009, Rumah Adat Lempo Gandeng seringkali digunakan dalam kegiatan adat masyarakat Budong-Budong.

Di dalam rumah adat terdapat gendang peninggalan Tobara’ (Kepala Adat) yang akan digunakan pada saat pelaksanaan adat Mamose’.

Tarian adat Mamose’ Kabupaten Mamuju Tengah

Mamose’ sendiri berupa tarian pedang yang berisi syair-syair pesan untuk menyatukan kekuatan, kebersamaan dalam menjalani kehidupan dan memperjuangkan kesejahteraan bersama.

Rumah adat ini memiliki makna filosofis sesuai Sejarah, Budaya dan Kedudukan masyarakat Budong-Budong.

Rumah adat “Lempo Gandeng”, yang meliputi Tangkou (tempat pemukiman pertama masyarakat Budong-Budong) yang menggandengi Topoyo dan Tobadak yang dipimpin seorang Tobara’.

Dari bentuk rumah ini terdapat bangunan utama/induk di tengah rumah yang menandakan masyarakat Tangkou artinya Tempat Pemukiman pertama masyarakat Budong-Budong, bagian kiri dan kanan bangunan utama rumah di apit oleh sebuah bagunan seperti sayap di masing-masing kedua sisi induk rumah disebut Palanto (Bahasa Budong-Budong) menandakan masyarakat Topoyo dan Tobadak.

Penulis : Rahmin Mahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *