Festival Pesona Teluk Mandar Peringati Hari Jadi Majene

sandeq.netmajene, Pembukaan peringatan Hari Jadi Majene atau disingkat dengan HJM, dilaksanakan di Stadion Prasamya Majene Kamis. 1 Agustus 2019.

Dr. H Fahmi Massiara MH, Bupati Kabupaten Majene “event ini mengangkat tema yang diambil dalam lontara bahasa Mandar, yaitu “Sara Makke Ada’, Ada’ Makke Sara”, yang mempunyai makna tentang adat mengangkat raja dan raja mengangkat adat, Itu arti secara bahasa. Tapi maknanya itu adalah adat dan raja itu sama sama memiliki kewenangan”. Kata Fahmi.

Panitian kegiatan HJM, Aris Munandar. Festival Pesona Teluk Mandar kali ini dirangkaikan dengan event-event lain yang menarik, seperti pawai atau carnaval yang diikuti oleh tingkat TK/SD/SMP/SMA sederajat, Perlombaan Perahu Sandeq, Pemilihan Duta Tomalolo dan Tomakappaq, dan berbagai event menarik lainnya.

Persembahan pertama dibuka oleh Kelas Tari yang terdiri dari 32 orang penari yang terdiri dari kategori anak-anak hingga dewasa yang dibina langsung oleh Kak Dermawan & Hijrawati Leta, S.Pd.

Pada acara peringatan HJM (Hari Jadi Majene)  tampil pula pembacaan orasi budaya yang dibawakan oleh Pak Darmansyah selaku budayawan yang ada ditanah mandar, Orasi dari Pak Darmansyah tersebut membahas tentang nilai-nilai etika serta estetika yang ada ditanah mandar, Culture serta peradaban budaya Islam yang sangat kental ditanah mandar pada masanya.

Malam pertama dari kegiatan HJM ini ditutup dengan persembahan musik tradisional dari Sanggar Sulo’ Bulawang yang berasal dari kecamatan Sendana.

Laporan : Ahmad Rifaldi

Editor : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *