Pneumonia Anak Dipicu Oleh Asap Rokok Yang Menempel Pada Baju

sandeq.netkesehatan, Pneumonia merupakan penyakit infeksi paru – paru yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Pneumonia juga biasa dikenal dengan istilah multifaktorial yang mengakibatkan sesak hingga kematian pada balita. Salah satu penyebab pneumonia pada balita adalah asap rokok.

Banyak orang tidak menyadari bahwa asap rokok yang masih menempel pada baju termasuk penyebab pnemumonia pada anak.

Bagi banyak kalangan, asap rokok merupakan hal yang paling mengganggu. Apalagi, hal tersebut bisa menimbulkan hal – hal negatif seperti penyakit.

Menurut Achmad Rafli, praktisi kesehatan anak, Secondhand smoke lebih membahayakan anak dari pada orang dewasa.

Secondhand smoke lebih membahayakan anak dari pada orang dewasa,” ujar Achmad Rafli di Jakarta, dilansir dari CNN.

Penelitian terbaru dari beberapa dokter anak menunjukan balita bisa menjadi perokok pasif yang akan membuat balita sering mengalami batuk dan pilek berulang-ulang.

“Ini yang perlu kita edukasi untuk orang tua, bukan asap yang keluar dari mulut perokok yang berbahaya, tetapi asap rokok yang menempel di tubuh perokok itu yang sangat berbahaya,” ujar Achmad.

Menurutnya, pneumonia yang diderita balita dan orang dewasa berbeda. Pada balita konsepnya infeksi di saluran nafas atas atau bawah akan berhubungan terlebih infeksi pada jalur alveolidan bronceolus.

Selain asap rokok, pneumonia juga disebabkan oleh gizi buruk dan penyakit jantung bawaan dari orang tuanya.

Achmad menjelaskan gejala yang paling mudah ditemui pada balita yang terkena pnemonia ringan adalah sesak nafas atau gangguan saat pengambilan oksigen dari paru-paru, hingga demam.

Bagaimana jika anak sudah mengalami gejala pneumonia? Dirinya mengungkapkan, sebagai pertolongan pertama, orang tua bisa melonggarkan pakaian anak sehingga mereka bisa bernapas lebih lega.

Editor : Admin

Sumber : CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *