Perdana…!Pembekalan Pemuda Mandiri Membangun Desa [PMMD] Dilaksanakan Di Mamuju

sandeq.net mamuju, Pembekalan Pemuda Mandiri Membangun Desa [PMMD] tahap pertama di Sulawesi Barat dilaksanakan pada hari senin [17/6]. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Diana Mamuju dan berlangsung selama 3 hari [17-19 Juni 2019]. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Melalui amanat yang disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahrga, Imam Nahrawi, bahwa dengan PMMD diharapkan mampu memberi semangat kerja kepada para pemuda untuk membangun Indonesia dimulai dari Desa.

Dalam Sambutannya Ketua Panitia Nasional pada acara pembukan kegiatan tersebut ini merupakan usulan sejak 3 tahun yang lalu dan tahun ini baru dapat dilaksanakan di Sulawesi Barat.

“Kegiatan ini sudah diusulkan sejak 3 tahun lalu.” kata Irwan, Ketua Panitia Pusat PMMD Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Pembekalan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Kepeloporan Daerah Khusus Asdep Kepemimpinan & Kepeloporan Pemudaakan, Sopti Popi Yati.

Dalam sambutannya, Sopti Popi Yati menyampaikan harapannya, agar pembekalan PMMD bisa membawa perubahan di desa masing – masing khusus Kemandirian Pemuda.

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari 2 kabupaten, yakni Kabupaten Mamuju dan Mamuju Tengah.

Irwan Indra, STP, MM sebagai Ketua Panitia Nasional PMMD, dirinya menjelaskan bahwa tahapan perekrutan telah dilakukan sejak bulan April lalu. Para peserta harus mendaftar secara online maupun offline, mengikuti tes tertulis. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan tersebut adalah pendaftar yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus.

“demikian, tahapannya sejak bulan april lalu. Kementrian Pemuda dan Olah Raga Bid. Kepeloporan Pemuda daerah Khusus RI telah membuka pendaftaran secara online maupun offline dan tes tertulis sebagai tahap seleksi. bagi peserta yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus akan diberi pembekalan seperti kegiatan hari ini.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Nasional PMMD itu menjelaskan, ada minimal 5 rancangan program yang akan dibawa peserta ke desa masing – masing, diantarnya :

  1. Kepemimpinan Kepeloporan Pemuda,
  2. Pengembangan Olahraga,
  3. Pemberdayaan Pemuda,
  4. Kesukarelawan,
  5. Pelesatarian Kearifan Lokal

Lebih lanjut ditambahkan dengan harapan dari kegiatan tersebut bisa Membangun Konsep Kemandirian Pemuda dan Desa bisa menjadi kontribusi dalam membangun Indonesia maju.

“Jadi harapan kami adalah bagaimana konsep Kemandirian Pemuda dan Desa bisa menjadi kontribusi dalam membangun Indonesia.” Tambahnya.

Laporan : AW

Editor : Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *